Dunia Remaja Relationship Kata Puisi Tips Trik Humor Lucu Unik Aneh.

7 (Tujuh) Fenomena Alam Paling Aneh Di Dunia

...

Capedeh™ ^ Fenomena Alam Teraneh di Dunia | Fenomena Alam Unik dan Menakjubkan di Dunia: Berbagai fenomena pernah terjadi di dunia, fenomena alam yg sangat menakjubkan. Seperti apakah fenomena alam aneh dan unik yg pernah terjadi di berbagai dunia.?

Fenomena Alam Paling Aneh di Dunia

Nah, buat kamu yg penasaran dan pengen tau, berikut 7 Fenomena alam teraneh dan menakjubkan yg pernah terjadi di dunia:

[1] Crop Circle

Mendengar namanya, pasti fenomena Crop Circle udah gak asing lagi di telinga kita. Sebuah lingkaran yg mempunyai motif berbeda-beda antara satu dengan yg lainnya. Fenomena ini pertama kali muncul sekitar akhir tahun 1970-an di London, Inggris.

Namun di Indonesia juga pernah muncul fenomena Crop Circle di Sleman, Yogyakarta pada 23 Januari 2011. Penyebab utama pembuatan Crop Circle ini masih menyimpan banyak tanya. Apakah buatan manusia, buatan alam, atau buatan makhluk dari luar bumi. Kini masalah itu saling diperdebatkan, tapi kebanyakan dari ilmuwan berpendapat bahwa Crop Circle itu dibuat oleh tangang-tangan kreatif manusia.

[2] Ice Circle

Fenomena Ice Circle ini bisa terjadi di mana aja. Biasanya fenomena ini sering terjadi di daerah sungai yg meiliki arus yg lambat serta iklim yg dingin. Bentuknya mirip seperti piringan yg berputar secara perlahan. Fenomena ini juga pernah terjadi sekitar tahun 1930 di Toronto, Canada.

[3] Api Terjun (Horsetail Falls)

Fenomena Api Terjun ini terdapat di 'Yosemite National Park' yg terlegak di California. Dinamakan Api terjun karena pada saat air jatuh dari ketinggian sekitar 2000 kaki, mirip dengan cairan lava yg sedang jatuh dari atas.

Sebenarnya fenomena ini bukanlah lava yg jatuh, melainkan air yg sedang terjun mendapatkan efek dari sinar matahari yg akan terbenam. Tapi fenomena ini harus didukung dengan cuaca yg cerah, keberadaan matahari yg tepat saat menyinari air, dan debit air yg cukup banyak untuk bisa membuat Air terjun di Yosemite National Park mirip dengan cairan lava yg sedang jatuh.

[4] Halo Matahari (Cincin Matahari)

Fenomena ini terbentuk akibat kristal es yg membentuk sebuah busur berwarna putih dan berbintik-bintik yg dibiaskan ke atas langit sehingga menciptakan sebuah cincin yg mengelilingi matahari. Namun ada opsi lain yg bisa menciptakan lingkaran cincin diantara matahari, yaitu faktor cuaca yg dingin. Karena cuaca dingin dapat membuat kristal-kristal es yg udah berubah menjadi debu berlian mengapung ke udara dan menimbulkan cahaya yg melingkari matahari.

Fenomena ini sebenarnya pernah terjadi di San Frasisco, dan di negara Indonesia pun juga pernah merasakan fenomena ini yaitu pada tanggal 04 Januari 2011 yg terjadi di kota Yogyakarta. Namun sebelumnya juga fenomena ini pernah terjadi di Padang pada tahun 2009.

[5] Pelangi Api (Fire Rainbow)

Bagaiman fenomena itu bisa terjadi ? Fenomena yg biasa disebut 'Busur Circumhorizon' sebenarnya terjadi akibat sinar matahari yg menembus awan-awan terang yg berada di ketinggian yg cukup tinggi. Karena awan-awan itu terbentuk akibat kristal-kristal heksagonal, maka sinar matahari yg masuk melalui permukaan vertikal kristal-kristal di atas akan meninggalkan beberapa warna seperti pelangi. Di Indonesia, fenomena ini sempat terjadi di daerah Makassar.

[6] Morning Glory Cloud

Fenomena ini tergolong suatu fenomena yg sangat langka. Namun fenomena ini pernah terjadi di Teluk Carpenataria, Australia. Awan ini mempunyai bentuk memanjang dengan panjang yg dapat mencapai 1000 km dan memiliki ketinggian antara 1-2 km. Awan ini sering disebut juga dengan istilah Solitary atau Soliton Wave karena bentuknya seperti gelombang yg bergerak dengan kecepatan 60km/h.

[7] Gelombang Beku

Fenomena ini terjadi di daerah Antartika. Penyebab utama terjadinya gelombang beku ini yaitu reaksi antara salju dengan kondisi di Antartika. Misalnya ketika sebuah gunung es yg jatuh ke laut maka akan menimbulkan sebuah gelombang, dari gelombang itu bereaksi dengan salju dan akan menghasilkan gelombang beku. Apabila gunung es yg jatuh ke laut membawa Alga, maka gelombang yg terbentuk akan memiliki garis-garis warna seperti, hijau, coklat, hitam dan kuning.

Itulah beberapa Fenomena Alam Teraneh di Dunia yg kadang jadi misteri. Banyak Fenomena Unik dan Menakjubkan di dunia yang terjadi yg terkadang mejadi rahasia alam. Disalin Capedeh dari berbagai sumber google.com.

Share This

7 (Tujuh) Fenomena Alam Paling Aneh Di Dunia

Posted by Capedeh™ Published on 20 Desember 2012 at 23.09.

Silahkan Komentar Disini :