Dunia Remaja Relationship Kata Puisi Tips Trik Humor Lucu Unik Aneh.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

...

Capedeh™ ^ Tips menjaga kesehatan mata saat di depan Komputer. Kalo Kamu termasuk orang yang bekerja didepan komputer sepanjang hari, pastinya Kamu akan terkena radiasi yang dipancarkan monitor sehingga mata Kamu menjadi terasa perih. Walaupun, para ahli pun tak pernah menyerah untuk menciptakan peralatan yang semakin ramah lingkungan dan kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Tapi Kalo terlalu lama di depan komputer dapat mempengaruhi kesehatan terutama pada mata. Sehingga mata menjadi lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata saat di depan Komputer. Mudah-mudahan kita bisa menjaga karunia mata yang tetap sehat, meski harus bekerja berjam-jam di Depan komputer.

1 Bekerjalah Dalam Ruangan yang Cukup Cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja Kamu. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari Kamu menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan Kamu cukup terang agarmata Kamu tidak bekerja terllau keras.

2 Gunakan Filter Monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer Kamu untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangipengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

3 Periksa Monitor
Periksa apakah monitor Kamu masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata Kamu, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata Kamu terganggu. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoranyang mengganggu layar.

4 Letakkan Kertas Kerja Agar Mudah Dibaca
Kalo Kamu harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor Kamu. Ini agar Kamu tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja Kamu, setelah membaca di layar monitor.

5 Perhatikan Posisi Monitor
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus Kamu. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata Kamu, juga menjaga agar bahu dan leher Kamu cukupnyaman bekerja.

6 Bekerjalah Dengan “Font” yang Cukup Besar
Bila Kamu harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau “font” hurup yang Kamu gunakan cukup besar. Jangan paksa mata Kamu untuk membaca hurup kecil pada monitor. Mata Kamu bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor. Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor Kamu. Bila Kamu telah selesai mengedit atau membacanya, Kamu bisa kembalikan font tersebut ke posisisemula.

7 Istirahatkan Mata
Relakskan mata Kamu. Pejamkan atau kerjap-kerjapkan. Jangan kucek-kucek mata Kamu. Tapi sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata Kamu tetap basah dan sejuk. Bila Kamu terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan Kamu ke arah yang jauh. Lakukan iniselama beberapa menit setiap 30 menit.

8 Periksa Kacamata atau Lensa Kontak
Bila Kamu menggunakan kacamata atau lensa kontak dan Kamu harus bekerja sepanjang hari di depan monitor, ada baiknya Kamu konsultasikan dengan dokter mata atau optik Kamu agar Kamu bisa mendapatkan kacamata yang sesuai. Baik, ukuran lensa dan framenya. Bila Kamu merasa lelah menggunakan kacamata, tanggalkan aja. Kacamata bisa membuat mata lelah. Sesekali biarkan mata Kamu melihat bebas. Tapi segera kenakan kacamata Kamu bila merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata Kamu melihat tanpa bantuan kacamata Kamu.

9 Atur Jarak Pandang Mata Dengan Monitor
Kalo Kamu Menjadi Seorang pebisnis online yang setiap harihanya bekerja di rumah didepankomputer, saya sarankan mengatur jarak mata dengan komputer Kamu. Minimal 1 meter. Karena akan mengurang efek negatif cahaya monitor Kamu.

Demikian tips menjaga kesehatan mata di depan Komputer, Semoga menambah ilmu dan dapat menjaga kesehatan kita semua. Disalin Capedeh.com dari berbagai sumber

Share This

Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Posted by Capedeh™ Published on 2 Maret 2010 at 11.04.

Silahkan Komentar Disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar