Dunia Remaja Relationship Kata Puisi Tips Trik Humor Lucu Unik Aneh.

Tips Menjadi Pembicara yang Baik

...

Tips dan Cara Menjadi Pembicara yang Baik | Cara Berbicara Didepan Publik yang Baik: Terkadang kita harus mempresentasikan suatu gagasan/ide dihadapan publik dengan Baik dan Benar, entah di lingkungan kantor ataupun dihadapan klien. Tapi banyak diantara kita yang masih kaku dan gerogi saat berbicara didepan publik. Mungkin kamu memerlukan tips menjadi pembicara yang baik?

Tips Menjadi Pembicara yang Baik

Untuk menambah wawasan kamu dan mengatasi gerogi atau kurang percaya diri, berikut ini ada 10 tips menjadi pembicara yang baik :

1. Punya pesan yang jelas dan fokus, sehingga pendengar terfokus pada tema yang akan dibahas;
2. Pastikan pendengar mendapatkan manfaat dari presentasi Anda, karena apabila pendengar merasa mendapatkan manfaat, mereka akan memperhatikan presentasi Anda;
3. Siapkan presentasi dengan baik, hal ini berkenaan dengan 4 hal yaitu : isi presentasi harus jelas dan fokus, pembukaan yang menarik, penyajian presentasi yang baik, tutup presentasi dengan rangkuman;
4. Lakukan kontak mata dengan pendengar;
5. Usahakan berinteraksi dengan pendengar, misalnya : bila harus memberi contoh dengan nama, gunakan nama pendengar;
6. Show Authority, Anda berhak menentukan kapan menjawab pertanyaan pendengar, dan berhak mengontrol pendengar Anda;
7. Effective your voice. Volume, intonasi, dan suara yang jelas sangat diperlukan. Lakukan latihan dan evaluasi suara Anda.
8. Gunakan bahasa yang tepat, misalnya : jika pendengar berasal dari kalangan anakmuda, gunakan bahasa mereka, atau pendengar dari golongan awam, gunakan bahasa yang mudah mereka pahami;
9. Selipkan humor;
10. Show confidence - look confidence - dress confidence.

Pada saat presentasi, tujuh detik pertama merupakan bagian yang terpenting dari presentasi kamu, pada saat itu lakukan :

1. Santai;
2. Senyum;
3. Ekspresi, bukan impresi;
4. Gunakan gaya percakapan;
5. Latihan kontak mata;
6. Siapkan catatan kamu.

Dengan mengetahui tips menjadi pembicara yang baik diatas semoga bisa menjadi masukan buat kamu saat kamu diberi tugas untuk menyampaikan informasi, presentasi atau pidato dedepan publik. Semoga bermanfaat. Tips Umum Capedeh Sumber home.muhzulkarnain.com.

Share This

Tips Menjadi Pembicara yang Baik

Posted by Capedeh™ Published on 6 Februari 2012 at 19.51.

Silahkan Komentar Disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar